Halaman

Jumat, 19 April 2013

10 Game yang Akan Membuat Gamer Konsol Menangis!

Walaupun konsol sebagai platform yang didedikasikan untuk gaming memang menawarkan varian game eksklusif yang terhitung luar biasa masif secara kuantitas, namun PC juga memiliki pesona yang tidak kalah menariknya. Tidak hanya sekedar menawarkan kualitas grafis yang tampil jauh lebih maksimal untuk game-game yang dirilis secara mutliplatform, PC juga memiliki game-game eksklusif yang tidak kalah menariknya.

Walaupun boleh terbilang lebih inferior secara kuantitas, namun kualitas dari game-game eksklusif PC ini  boleh disandingkan dengan game-game eksklusif untuk beragam konsol dan handheld yang tersebar di pasaran. Sayangnya harus diakui, pilihan genre yang ada sangatlah terbatas. Sebagian besar game eksklusif yang dirilis di PC hanya mengusung satu dari dua genre yang ada, jika tidak MMO, maka ia akan dirilis sebagai sebuah gamereal-time strategy. Sementara genre yang lain menjadi karya berharga yang sulit untuk ditemukan. Bagian terbaiknya? Integrasi internet seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan darinya, sekaligus juga menjadi fitur untuk memaksimalkan setiap pengalaman gaming yang ada. Salah satu perbedaan yang juga mencolok juga ada pada bentuk mekanik gameplay yang biasanya memang lebih ditujukan untuk dimainkan dengan keyboard dan mouse.


Dari semua game yang bertebaran luas di industri game, game-game eksklusif PC apa saja yang berhasil tampil memesona hingga cukup untuk membuat gamer konsol penasaran dan gigit jari? Kami merangkumnya untuk Anda.

10. Torchlight 2


Sebagian besar gamer konsol mungkin akan mengasosiasikan nama action RPG isometrik PC dengan nama besar Diablo, namun sesungguhnya, sebuah pesaing yang mungkin tidak pernah diperhitungkan – Torchlight memperlihatkan kualitas yang jauh lebih baik. Dirilis eksklusif untuk PC, Torchlight 2 tidak  hanya mengintegrasikan gameplay RPG isometrik klasik dengan kebebasan untuk membangun karakter seunik yang diinginkan, tetapi juga mengintegrasikan mode multiplayer ke dalamnya. Komitmen Runic Games untuk tetap mempertahankan eksklusivitas nama ini di jajaran PC juga pantas untuk diacungi jempol, sementara di sisi yang lain – Blizzard sudah mengkonfirmasikan kehadiran Diablo 3 untuk pasar Playstation 3 dan Playstation 4. Walaupun terlihat cukup “kartun” untuk sebuah game isometrik RPG, Torchlight 2 akan menawarkan sensasi yang mungkin tidak akan pernah dikecap gamer yang hanya memiliki konsol sebagai platform utamanya.


9. Heroes Might & Magic


Terlepas dari genrenya yang memang sudah melekat kuat dengan status eksklusivitas PC, namun sebuah game turn-based strategy, apalagi yang menuntut daya otak untuk menghasilkan langkah-langkah strategis setiap detiknya boleh dibilang sebagai  salah satu game paling adiktif yang pernah ada. Salah satu bukti nyatanya? Setiap seri yang dihasilkan dari franchise Heroes Might & Magic. Membangun pasukan dengan beragam karakteristik serangan, kekuatan, dan kelemahan, selalu ada alasan untuk masuk ke dalam pertempuran selanjutnya ketika Anda memainkan game ini. Kekuatan pasukan Anda akan berbanding terbalik dengan waktu tidur Anda. Sementara di sisi konsol, game-game strategi yang ada belum mampu menawarkan adiksi dalam level yang serupa.

8. Tohou Project


Game-game dengan karakter wanita bertema anime? Bukan sesuatu yang sulit untuk Anda temukan di serangkaian platform konsol yang ada. Namun memainkannya dalam format sebuah vertical shooter ditambah dengan tingkat kesulitan yang super menantang? Maka Anda akan mendapatkan Tohou Project yang sementara ini memang dirilis secara eksklusif. Secara kasat mata, gamer konsol yang melihat game ini sekelibat mungkin akan tertawa menyoroti pilihan kami yang satu ini. Namun bagi gamer PC yang memang tidak hanya sekedar melihat game dari tingkat visual, Tohou adalah satu game eksklusif PC yang terlalu sayang dilewatkan. Itupun jika Anda tidak berakhir depresi ketika berusaha menyelesaikannya.


7. Starcraft II


Perperangan besar antara tiga ras, popularitas yang begitu kuat di tingkat kompetisi internasional, dan diakui sebagai salah satu game RTS dengan kekuatan paling berimbang, tidak mengherankan jika mahakarya milik Blizzard Entertainment ini masih tetap menjadi yang paling favorit di kelas genre RTS. Eksklusivitas-nya yang tetap menjadi primadona di PC membuat gamer konsol tidak akan pernah bisa merasakan dan mencicipi salah satu game RTS dengan kecepatan gameplay yang tinggi ini. Terlepas dari konsep marketingnya yang mungkin terkesan terlalu komersial, namun antisipasi yang tinggi terhadap kehadiran Heart of Swarm dan Legacy of Void  memperlihatkan antusiasme para gamer penggemar RTS yang seolah tidak pernah padam.


6. Guild Wars 2


MMORPG adalah arsenal utama yang dimiliki PC untuk mempertahankan statusnya sebagai platform gaming yang memiliki game-game eksklusif yang menarik untuk dilirik. Diterpa dengan segudang game multi-platform yang lebih banyak dibangun dan didesain untuk memfasilitasi kebutuhan gamer konsol, MMO adalah format yang memang diciptakan dan dimaksimalkan untuk PC, apalagi ketika kita membahas MMORPG yang lebih kompleks. Salah satu yang terbaik saat ini? Tidak diragukan lagi – Guild Wars 2. Visualisasi yang mumpuni dan gameplay yang adiktif, Guild Wars 2 adalah salah satu alasan mengapa gamer  konsol harus mengumpulkan uang dan membangun PC yang cukup kuat untuk menanganinya.

5. Command & Conquer: Generals


Mengapa Generals dan bukannya Red Alert? Percaya atau tidak, gamer konsol sempat berkesempatan untuk mencicipi seri awal ini di konsol – Red Alert: Redemption, sementara Generals masih tetap eksklusif untuk PC. Walaupun Red Alert mencapai popularitas yang jauh lebih tinggi, namun Generals harus diakui adalah satu seri yang RTS C&C yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengusung unit yang jauh lebih realistis dengan konflik antar negara yang juga jauh lebih dalam, Generals memperlihatkan kualitas sebuah game RTS yang tetap memorable, bahkan hingga saat ini. EA sendiri sempat merencanakan kehadiran seri keduanya yang akan diperkuat dengan engine yang lebih baik. Sebuah pukulan telak lainnya untuk gamer konsol.


4. Hawken Online


Menaiki sebuah mecha raksasa dan terlibat dalam pertempuran epik yang memanjakan mata, Hawken memfasilitasi semua kebutuhan masa kecil ini dalam format MMO free to play yang menggugah. Tidak hanya sekedar meluncurkan sebanyak mungkin peluru dan misil ke setiap musuh yang Anda temui, Hawken juga memungkinkan Anda untuk melakukan kustmosasi untuknya, dari perbagian tubuh dan senjata yang ada – hingga skill yang digunakan untuk menghasilkan buff permanen tertentu. Sebuah format yang sayangnya tidak pernah terpikirkan oleh developer game konsol eksklusif. Jika saja mereka menyuntikkanya dengan sisi cerita yang pantas untuk diacungi jempol, Hawken juga berpotensi tampil sebagai sebuah game single player yang menggugah.


3. DOTA 2


Terlepas dari beberapa upaya yang ada, MOBA bukanlah sebuah genre yang cocok untuk dimainkan di konsol, dengan cara apapun. Apa pasal? Menghadirkan sistem permainan yang membutuhkan gerak yang cepat dan tepat serta kombinasi skills dan item yang kompleks, fungsi ini hampir tidak mungkin untuk dieksuksi dengan hanya mengandalkan kontroler konsol yang minim. Di antara semua MOBA yang ada, DOTA 2 dari Valve kini perlahan mulai menunjukkan tajinya dan bergerak menjadi yang paling terdepan. Fitur free to play, dukungan item kosmetik yang menarik, serta balancing yang kian disempurnakan, DOTA 2 adalah salah satu alasan terbaik untuk memiliki PC sebagai platform gaming utama.

2. Planetside 2


MMOFPS memang bukan hal baru di industri game. Game-game FPS seperti Counter-Strike, multiplayer Battlefield 3, hingga game lokal ternama seperti Point Blank mengusung “sedikit” unsur ini dalam menerapkannya dalam skala epicness tersendiri. Namun unsur MMOFPS yang sebenarnya terletak pada mekanisme yang sebenarnya ditawarkan oleh Planetside 2. Terbagi dalam tiga klan yang saling beperang untuk memperebutkan wilayah yang ada, Planetside 2 menawarkan level epicness jauh lebih tinggi. Anda akan berperang secara konstan bersama dengan ratusan pasukan lainnya dari seluruh dunia, tidak hanya darat, tetapi juga datang dari udara dengan beragam langkah strategi yang butuh didiskusikan terlebih dahulu sebelum dapat berjalan efektif. Anda akan masuk ke dalam perang besar ala Hollywood.


1. Civilization V


Ucapkan selamat tinggal pada orang tua, teman, pacar, dan semua significant others yang Anda miliki sebelum Anda “berkomitmen” untuk memainkan game yang satu ini. Civilization memang harus diakui merupakan salah satu franchise game RTS paling adiktif yang pernah ada. Tidak hanya sekedar membangun pasukan dan menaklukkan semua teritori yang ada, Civilization juga menyangkut kemampuan Anda untuk mengelola beragam sumber daya yang ada, dan tentu saja berdiplomasi dan berpolitik. Waktu gameplay yang cukup lama dengan mekanisme yang sangat adiktif akan membuat mental Anda hanya bergerak pada satu arah “1 turn lagi, 1 turn lagi, 1 turn lagi”. Adiksi yang mampu dimunculkan oleh Civilization akan “menghancurkan” sisi sosial hidup Anda.Trust us, been there, done that..

Di atas adalah 10 game PC yang menurut kami pribadi, akan mampu membuat gamer konsol menangis iri dan berharap untuk memiliki PC sebagai platform gaming utama mereka. Tentu saja, artikel ini ditulis sekedar untuk kesenangan dan menyampaikan opini semata, tanpa ada usaha untuk menyudutkan platform-platform di luar PC. Sayangnya, list ini juga menjadi bukti yang nyata bahwa sebagian besar game eksklusif PC memang hanya berkisar pada dua genre utama: MMO dan RTS, sementara di sisi konsol, varian ini jauh lebih beragam dan kaya. Terlepas dari kemampuannya untuk memfasilitas kebutuhan grafis yang lebih kuat, desain fungsi gerak yang memang didasarkan pada keyboard dan mouse menjadi salah satu alasan mengapa banyak game PC eksklusif bergerak di antara dua genre utama ini.

Bagaimana dengan Anda sendiri, para gamer konsol? Dari semua game-game eksklusif PC yang bertebaran di pasaran, game manakah yang paling membuat Anda iri dan terus berharap agar game tersebut juga dirilis untuk konsol suatu saat nanti? Expand the list, feel free to comment..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar