Halaman

Senin, 11 Maret 2013

Final Fantasy XIII-2: Tips & Trik

I must finish this game!

Gomen jika post ini agak telat XDD maklum haha ane baru memulai bermain Final Fantasy XIII-2 dan sangat seru, nah ini Tips dan Trik bermain nya ^^

Setelah sempat menuai kecaman dengan hasil Final Fantasy XIII yang terkesan begitu sederhana dan linear,Square Enix akhirnya secara gamblang merombak dan melahirkan mekanisme gameplay yang baru di Final Fantasy XIII-2.  Ada begitu banyak elemen yang ditambahkan di dalam game ini, dari menangkap monster ala Pokemon, perjalanan waktu, moogle, hingga live trigger yang memungkinkan Anda untuk memilih respon atas situasi dan pertanyaan tertentu. Tampil lebih “hidup” dan kompleks dibandingkan seri pertamanya, Final Fantasy XIII-2 mendapatkan respon yang jauh lebih baik dari gamers. Kami sendiri juga mengakui bahwa seri ini memang tampil jauh lebih sempurna.

Berbeda dengan game-game RPG Jepang lainnya, Final Fantasy XIII-2 memang menjadikan strategi sebagai poin utama untuk memenangkan pertempuran, tidak hanya sekedar berdasarkan pada level atau equipment yang digunakan oleh kedua karakternya: Noel dan Serah. Sistem Paradigm Shift yang lebih sederhana dihadirkan di seri terbaru ini untuk memungkinkan proses adaptasi yang lebih mudah pada jalannya pertarungan. Namun mempermudah segala sesuatunya? Kesimpulan yang terlalu naif mengingat bagaimana Square Enix menghadirkan segudang tantangan di Final Fantasy XIII-2, dari musuh ukuran besar dan kuat hingga kompleksitas pada sistem time-travel dan monster yang kini menjadi anggota tetap.

Berdasarkan pada pengalaman bermain yang kami rasakan secara langsung, kami menghimpun rangkuman tips dan trik sederhana yang mungkin sering dilupakan oleh Anda. Tujuannya? Tentu saja memastikan bahwa Noel dan Serah yang Anda mainkan akan melanggeng melewati waktu dengan mulus tanpa harus berkali-kali merasakan “nikmatnya” retry dan tewas. Apa saja yang perlu Anda pastikan di Final Fantasy XIII-2?

1.  Jangan Remehkan “Saboteur”



Terjebak hanya pada Ravager dan Commando? Anda akan kesulitan di masa depan!


Dari semua job yang tersedia di Final Fantasy XIII-2, banyak gamer yang seringkali menganggap bahwa job yang paling penting untuk dikembangkan hanyalah Ravager, Commando, dan Medic. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda dapat dipastikan akan kelabakan di masa depan. Adalah sesuatu yang essensial untuk  menghadirkan job “Saboteur” di awal hingga tengah permainan dan memastikan karakter utama Anda mendapatkan semua skill yang tersedia untuknya. Mengapa? Karena status effect yang mampu dihasilkan job yang satu ini berlaku efektif untuk semua monster, termasuk boss sekalipun. Saboteur adalah job yang paling sempurna untuk menghasilkan damage super besar dan konstan pada musuh-musuh yang memiliki jumlah HP yang sangat besar dan pertahanan yang alot. Ketika musuh mendapatkan buff negatif yang lengkap, segera switch ke paradigm shift standar: Commando – Ravager untuk damage yang lebih maksimal.

2. Pastikan Setidaknya 1 Stok Monster dengan Tipe Sentinel



Monster bertipe Sentinel akan efektif untuk mengalihkan perhatian


Inti di dalam sebuah game RPG bukanlah selalu tentang menghadirkan damage yang besar dan menyelesaikan pertarungan secepatnya, tetapi juga kebutuhan untuk bertahan secara efektif dan meminimalkan damage yang mungkin diterima. Atas alasan itulah, memiliki sebuah monster yang memiliki tipe Sentinel akan menjadi sesuatu yang sangat krusial di Final Fantasy XIII-2. Mengapa? Monster ini akan menjadi kunci pertahanan diri ketika Anda terdesak di dalam pertempuran dan butuh bergerak ke paradigm shift yang lebih bersifat defensif (misalnya, Medic). Monster bertipe sentinel yang seringkali datang dengan jumlah HP besar ini dan pertahanan yang tinggi pada serangan fisik ini akan menjadi pengalih perhatian musuh yang paling mumpuni untuk memastikan Noel dan Serah memiliki cukup waktu untuk menyembuhkan diri hingga maksimal. Dengan ability “Provoke” yang mereka miliki, monster-monster Sentinel ini akan menjadi magnet serangan dari musuh. Hebatnya lagi, terkadang mereka akan memberikan buff-buff positif untuk karakter Anda yang lain.

3. Jual Semua Components



Tak perlu menimbun components


Apakah Anda seringkali merasa kesulitan uang untuk membeli beberapa item penyembuh yang penting seperti Wound Potion dan Phoenix Down? Jika iya, maka Anda mungkin termasuk gamer yang memosisikan Noel dan Serah tak ubahnya seorang pengumpul sampah bekas dengan lusinan item yang tidak terpakai di tas penyimpanan mereka. Dari seluruh komponen yang didapatkan dari monster-monster yang berhasil Anda kalahkan, hanya ada beberapa saja komponen yang memang dibutuhkan untuk melakukan upgrade pada senjata dan aksesoris Anda. Selebihnya? Menjadi sumber uang yang dapat diandalkan.

4. Skill Lebih Penting Daripada Level 99!



Jangan mengejar level 99 dengan membabi buta. Usahakan untuk membuka semua job dan skill mereka seawal mungkin


Sistem Crystarium Points (CP) pada Final Fantasy XIII-2 memang mengharuskan Anda untuk membagi perhatian pada enam job yang masing-masing dapat ditingkatkan hingga level 99. Setiap peningkatan akan memberikan peningkatan pada damage magic, fisikal, dan jumlah HP yang ada. Tidak hanya itu saja, pada level tingkat tertentu, Anda juga akan membuka skill tertentu yang berkaitan dengan job tersebut. Sebagian besar Anda tentu merasa bingung memilih antara mana yang lebih penting: mencapai level 99 pada sebuah job atau membuka lebih banyak alternatif job yang lain? Lupakan level 99 dan kejarlah semua skill dari semua job terlebih dahulu! Mengapa? Jumlah skill yang lebih besar tentu akan membuat job Anda lebih efektif. Job yang lebih efektif akan memudahkan Anda untuk membangun paradigm shift yang lebih beragam dan adaptif terhadap jalannya pertarungan.

5. Serahkan Tugas Medic Pada Karakter AI


Final Fantasy XIII-2 Battle

AI lebih dapat diandalkan untuk menangani urusan medic


Terlepas dari apakah Anda lebih senang menggunakan Serah atau Noel sebagai karakter utama, Anda harus memastikan bahwa tugas Medic diserahkan kepada karakter lain yang dikendalikan oleh AI (memiliki monster bertipe Medic tidak direkomendasikan). Mengapa? Karena pada dasarnya karakter AI akan bergerak dengan perencanaan dan aksi healing yang lebih efektif dibandingkan jika Anda menggerakkan mereka dan menggunakan auto-heal. Lagipula, dengan dukungan yang pasti di belakang, Anda bisa lebih berfokus untuk mengirimkan damage cicilan kepada musuh yang sedang Anda hadapi. Selalu percayakan tugas healing untuk AI jika Anda hanya memiliki satu job Medic para paradigm shift yang Anda miliki.

6. Easy Money dan CP



Narasimha untuk CP tercepat


Gil dan CP merupakan dua “mata uang” terpenting di Final Fantasy XIII-2. Yang satu berfungsi untuk membeli item yang dibutuhkan, sedangkan yang lainnya dibutuhkan untuk “membeli” status dan level yang dibutuhkan. Bagaimana cara mendapatkan keduanya dengan mudah? Anda membutuhkan fragment skill Battlemania dan Rolling in CP untuk keduanya dengan level yang cukup tinggi (setidaknya dengan HP di atas 7.000). Untuk Easy Money (Gil), Anda dapat menjajal dan mengalahkan Raspatil di Oerba -400AF- yang muncul sebagai lubang hitam saat encounter. Jika Anda cukup kuat, satu pertarungan ini akan menghasilkan kurang lebih 100.000 gil untuk setiap pertarungan. Bagaimana dengan Easy CP? Anda dapat ke Yaschas Massif -100AF- dan -110AF- dan berburu monster spesial – Narasimha dengan CP sekitar 3000-4000 / battle.

7. Cara Terbaik Menundukkan Slot Machine di Serendipity?



Butuh kesabaran dan keberuntungan untuk memenangkan mesin yang satu ini


Ada banyak alasan mengapa Slot Machine di Serendipity mampu membuat Anda kelabakan dan frustrasi. Mesin judi yang didasarkan pada keberuntungan ini memang “menjanjikan” peluang menang yang mampu melipatgandakan jumlah koin Anda dalam sekejap. Anda membutuhkan koin ini untuk membuka memory fragments dan membeli item-item penting seperti “Chaos Crystal” yang berguna untuk menghadirkan senjata terkuat di FF XIII-2.  Lantas apa yang perlu Anda lakukan? Bicara dengan waitress di depan slot machine dan pastikan ia menjawabnya dengan “It’s Like A Hot Summer Day”. Pastikan Anda punya modal setidaknya 15.000 koin di awal permainan dan save terlebih dahulu sebelum memulai mesin ini. Cara setelahnya begitu sederhana. Anda hanya perlu mengaitkan karet gelang dan memastikan tombol L1 (PS3) atau LB (XBOX 360) terus tertekan dan memicu auto-trigger pada mesin tersebut. Langkah selanjutnya? Cek secara berkala untuk memastikan apakah Anda sedang menang atau kalah.

8. Wound Potion is Crucial!



Selalu siapkan wound potion jika tidak ingin mati perlahan dalam pertempuran


Dari semua item yang tersedia di shop, wound potion adalah item yang harus Anda pastikan ada dalam stok dalam jumlah yang cukup banyak. Mengapa? Karena sebagian besar musuh besar yang ada (Boss, mini Boss) seringkali menghasilkan damage wound yang cukup besar. Dengan pertarungan yang terkadang masih berjalan waktu yang cukup lama, memiliki wound damage tentu menjadi disadvantage yang merugikan, terutama jika Anda terus mendapatkan damage secara konstan. Hebatnya lagi, wound hanya bisa disembuhkan dengan menggunakan wound potion. Jadi jangan berharap terlalu banyak bagi Medic untuk menyediakan alternatif penyembuh untuk status effect yang satu ini.

9. Kejar Semua Wild Artefact!



Kejar semua wild artefacts!


Selain artefact utama yang digunakan untuk mengakses tempat-tempat yang berhubungan dengan garis utama plot, Anda juga memiliki kesempatan untuk membuka timeline yang berbeda-beda dengan menggunakan Wild Artefact yang tersebar. Sebagian darinya akan mudah didapatkan dan berada di depan mata Noel dan Serah, namun tidak sedikit yang membutuhkan ekstra kerja keras untuk ditemukan. Wild Artefact sangat dibutuhkan untuk membuka area alternatif yang seringkali terkait dengan sub-quest dan quest utama yang ada. Tanpa membuka dan mengeksplorasi setiap dari mereka, mustahil bagi Anda untuk mendapatkan memory fragments secara penuh dan membuka fragment skills yang menarik. Lokasinya? Here they are:


10. Final Fantasy XIII-2 Memiliki Secret Ending



Kumpulkan semua 160 memory fragments untuk membuka ekstra ending!


Jika Anda termasuk salah satu gamer yang sudah menyelesaikan Final Fantasy XIII-2 dan masih shock melihat ending yang dihadirkan oleh Square Enix, tugas Anda sendiri ternyata masih jauh dari selesai. Fragment skills – Paradox Scope yang Anda dapatkan dari pertarungan terakhir tersebut akan menjadi kunci untuk mengambil dan menyelesaikan quest-quest memory fragments yang tersisa. Untuk apa Anda mengumpulkan kepingan-kepingan ini? Selain untuk mendapatkan akses yang lebih luas untuk fragment skills yang ada, memory fragments juga menjadi elemen paling krusial untuk membuka secret ending di FF XIII-2. Kumpulkan 160 dari mereka, maka Anda akan mendapatkan extra scene yang memberikan sedikit gambaran akan kelanjutan ending yang ada. Cara untuk mengumpulkan mereka semua? Anda bisa menuju ke sini untuk mendapat petunjuk yang akurat

Sekian adalah tips dan trik untuk Final Fantasy XIII-2, terutama bagi Anda yang baru hendak mulai memainkan game yang satu ini. Semoga membantu!

1 komentar:

  1. Panduan untuk setiap wilayah nya donk....??
    Karena sangat berguna jika di publikasikan....

    mohon bantuannya...

    BalasHapus